728x90 AdSpace

Latest News

Kisah "Gloomy Sunday" yang dinyanyikan "Yudi"


Banyak orang yang ingin tahu bagaimana sejarahnya lagu "Gloomy Sunday", setelah lagu ini dibawakan dengan sukses oleh seorang peserta audisi X Factor Indonesia yang bernama Yudi Suriono.
Yudi membawakan lagu dengan tenang dan membuat para penonton kagum, bahkan Ahmad Dhani pun bengong melihat penampilan Yudi. Masuk TOP 8 Penampilan Audisi X Factor menurut Tulisan Maruli.
Jika anda berpikir bahwa lagu "Gloomy Sunday" mempunyai kisah yang mengerikan, anda BENAR.
Langsung aja disimak kisahnya... B-]

Yudi membawakan lagu ini dengan penuh penghayatan sehingga terasa sedikit mengerikan, namun kata orang lagu asli Gloomy Sunday lebih mengerikan daripada yang dibawakan Yudi sehingga menyebabkan beberapa orang bunuh diri karena mendengarkan lagu tersebut.

Lagu Gloomy Sunday diciptakan oleh Rezső Seress yang merupakan seorang Pianist yang berasal dari Hungaria pada tahun 1933 pada awalnya lagu ini berjudul "Vége a világnak" ("End of the world"), lalu liriknya di tulis oleh László Jávor yaitu seorang pujangga dan diberikan judul "Szomorú vasárnap" (Sad Sunday).

Rezső Seress pada awalnya ingin menjadi seorang pemusik yang terkenal, namun keinginannya ini tidak disetujui tunangannya. Akhirnya hubungan Rezső Seress bersama tunangannya hancur setelah pertengkaran mereka.

Rezső Seress bersama tunangannya
Rezső Seress dibantu László Jávor menciptakan sebuah karya yang luar biasa yaitu Gloomy Sunday. Rezső Seress mengirimkan karyanya ke beberapa perusahaan rekaman, walaupun sempat beberapa kali ditolak akhirnya lagu tersebut menjadi populer. Akhir perjalanan Rezső Seress pun juga diakhiri dengan bunuh diri, setelah lagu itu menjadi terkenal, ia meminta kepada mantan tunangannya untuk kembali dan mengajak rujuk dengan menuliskan sebuah surat. Tapi setelah beberapa hari surat itu ia sampaikan, tungangannya tersebut justru meninggal bunuh diri dengan meminum racun dan sambil menggenggam secarik kertas partitur yang dengan tulisan GLOOMY SUNDAY. Pada Januari 1968, Rezso Seress melakukan percobaan bunuh diri dengan melompat keluar dari jendela di sebuah apartemen di Budapest. Tetapi sayang aksi bunuh dirinya gagal, lalu dilarikan ke rumah sakit dan di tempat itulah ia akhirnya berhasil melakukan bunuh diri dengan mencekik lehernya sendiri dengan seutas kawat (mungkin semacam kabel). Tepat pada tanggal 11 Januari 1968, László Jávor setelah beberapa hari ulang tahunnya yang ke-69, dia juga memutuskan untuk mengakhiri hidupnya karena setelah lagu itu menjadi terkenal ia selalu gagal untuk menciptakan lagu-lagu berikutnya sehingga ia berpikir bahwa dia tidak akan bisa lagi menciptakan lagu seindah itu untuk kedua kalinya.

Vége a világnak a.k.a Gloomy Sunday

Sebentar saja setelah Gloomy Sunday dirilis, mulailah terjadi kejadian-kejadian di luar dugaan.
# Di Berlin, ada seorang pemuda yang me-request lagu Gloomy Sunday kepada sebuah band. Setelah lagu tersebut selesai dimainkan, lalu pemuda ini keluar ruangan dan langsung melakukan bunuh diri.
# Seminggu kemudian, ada seorang pegawai toko ditemukan gantung diri di kamarnya dan ditemukan juga lembar partitur music Gloomy Sunday di kamarnya.
# Dua hari kemudian, seorang sekretaris muda juga melakukan bunuh diri dengan meracuni diri dengan gas. Dan dalam surat wasiatnya, ia meminta agar lagu Gloomy Sunday dimainkan pada acara pemakamannya. # Beberapa minggu kemudian, seorang kakek berumur 82 tahun dari New York, melompat dari jendela lantai tujuh setelah memutar lagu Gloomy Sunday.

Pada tahun 1997 Billy MacKenzy vokalis band The Associates asal Skotlandia (yang meng-cover Billie holiday pada tahun 1982) memutuskan untuk bunuh diri di rumah ayahnya di kota Dundee.

Semenjak awal diciptakannya lagu itu, banyak peristiwa bunuh diri terjadi bagi mereka yang mendengarkan dan juga menyanyikan lagu itu. Dan pada puncaknya yaitu sekitar tahun 1941, seorang musisi asal Inggris yaitu Billie Holiday menyanyikan lagu itu dan menjadi hits di putar di radio. Sehingga akhirnya lagu ini terkenal sebagai lagu bunuh diri.


Bagaimana Pembaca, anda berniat mendengarkan lagu Gloomy Sunday ?


Sekian dulu tulisan saya, mohon maaf ya... apabila kurang menarik... Hehehe... :D
Atas Perhatian pembaca saya ucapkan Terima Kasih B-)

Bagaimana Bro ?, Apa pendapat Bro ?, Punya atau gak punya Bro ?
Jika "Punya", silahkan berbagi ide-nya dengan mengomentari. B-)
(Jangan Takut Berkomentar ya Bro.. Hehehe..)
Sekian Entri kali ini, mohon maaf apabila tampilan kurang menarik,
Atas perhatian pembaca, saya ucapkan Terimakasih. B-)


Jika Brothers ingin berterimakasih kepada artikel yang Brothers baca.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Kisah "Gloomy Sunday" yang dinyanyikan "Yudi" Rating: 5 Reviewed By: TulisanMaruli